Selasa, 16 Februari 2010

Tugas Definisi dan Contoh Sistem Terdistribusi

Sistem Terdistribusi

Pada umumnya hampir semua sistem berbasis computer pada yang besar pada saat ini menggunakan sistem terdistribusi (sistem tersebar). Definisi Sistem terdistribusi pada umumnya adalah sistem dimana pemrosesan informasi didistribusikan pada beberapa computer dan tidak terbatas hanya pada satu mesin saja dalam satu infrastruktur jaringan baik local, internet ataupun wireless .

Sebuah sistem terdistribusi, tidak hanya melakukan komunikasi antara

satu proses pada satu komputer dengan proses pada komputer yang lain, namun juga perlu

mempertimbangkan ketersediaan infrastruktur jaringan yang memadai dan juga dukungan

standarisasi sistem yang terbuka.

Ada banyak definisi Sistem Terdistribusi yang terdapat di luar sana, salah satunya adalah:

Sistem terdistribusi adalah sekumpulan prosesor yang tidak saling berbagi memori atau clock dan terhubung melalui jaringan komunikasi yang bervariasi, yaitu melalui Local Area Network ataupun melalui Wide Area Network. Prosesor dalam sistem terdistribusi bervariasi, dapat berupa small microprocessor, workstation, minicomputer, dan lain sebagainya”.

([WEBFSF1991b] Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. 2003. Telaga – http://telaga.cs.ui.ac.id/ WebKuliah/ sisdis2003/ 2003-2- CharacterizationOfDistributedSystems.ppt . Diakses 8 Mei 2007).

Tetapi yang lainnya mendefinisikan Sistem Terdistribusi sebagai:

Sebuah sistem yang komponennya berada pada jaringan komputer. Komponen tersebut saling berkomunikasi & melakukan koordinasi hanya dengan pengiriman pesan (message passing)”.

Contoh: Internet, intranet, mobile computing

(http://www.akademik.unsri.ac.id/download/journal/files/gdr/Pendahuluan%20SisTer.ppt.)

Contoh-contoh Jaringan Sistem Terdistribusi :

http://images.google.co.id/imglanding?q=contoh%20sistem%20terdistribusi&imgurl=http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi-4.X-2/img/c850-f01-struktur.gif&imgrefurl=http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi-4.X-2/ch23.html&usg=__f42NuFbQnCTNJr6tS4WtLomxZNc=&h=236&w=300&sz=3&hl=id&um=1&itbs=1&tbnid=HNdBpGIR4tTctM:&tbnh=91&tbnw=116&prev=/images%3Fq%3Dcontoh%2Bsistem%2Bterdistribusi%26hl%3Did%26sa%3DN%26um%3D1&sa=N&um=1&start=0#tbnid=F9nLso4iYY0yxM&start=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar